skip to Main Content

Selamat Datang

PT. CIRILL INDONESIA  adalah perusahaan Air Minum Dalam Kemasan yang sangat fokus pada kualitas air minum untuk dikonsumsi oleh seluruh masyarakat Indonesia. Dengan Berfokus pada kualitas tersebut PT. CIRILL INDONESIA telah mengimplementasikan teknologi terbaru pada semua lini perusahaan, mulai dari Lini Supply Chain, Produksi, hingga Distribusi kepada para Konsumennya. PT. CIRILL INDONESIA memberikan jaminan kualitas pada setiap produk yang diterima oleh Masyarakat. AMDK Cirill sehat hemat segar dan steril. Cirill Pilihan Kita Semua

Hubungi Kami

Email: cs@cirill.net
Telepon: (62) 21 596 1118
Kp. Pabuaran Dukuh Cikupa Tangerang

Lokasi Kami

mapcirill
Konsumen Reguler Dan Konsumen Loyal Part2

Konsumen Reguler dan Konsumen Loyal Part2

Pada minggu lalu kita sudah dapat membahas secara ringkas tipe-tipe konsumen. Pada artikel kali ini kita akan bahas lebih detail tentang 4 jenis tipe konsumen yang ada, yang bertujuan agar kita dapat memberikan pelayanan lebih baik kepada konsumen kita.

  • Reguler tapi tidak loyal

Konsumen jenis ini adalah konsumen yang sering (teratur) membeli dari kita (perusahaan, toko kita), tapi mungkin juga membeli secara teratur (mungkin lebih sering) dari kompetitor kita. Mereka tidak mengajak orang lain untuk membeli produk kita, tidak membela kita ketika ada yang menjelek-jelekkan perusahaan atau produk kita. Mereka hanya membeli dari kita saat mereka nyaman melakukannya. Kemungkinan besar mereka akan berpindah haluan ketika anda menaikkan harga produk/ jasa anda. Reguler, tapi tidak berarti loyal.

  • Loyal tapi tidak reguler

Ini adalah konsumen yang sangat loyal. Mereka hanya membeli dari kita dan tidak pernah membeli dari kompetitor kita, tak peduli seberapa menarik dan menggodanya tawaran dari kompetitor kita. Tiap kali ada kesempatan, mereka mengajak orang lain untuk membeli produk kita. Tiap kali ada yang menjelek-jelekan produk atau perusahaan kita, mereka selalu membela kita. Sayangnya, karena mereka pengguna dalam jumlah kecil, mereka hanya membeli sedikit dan tidak teratur. Secara perhitungan ekonomi, mereka hanya menyumbang sedikit pemasukan untuk perusahaan kita dibandingkan kategori pertama (Reguler tapi Tidak Loyal) .

  • Reguler dan loyal

Konsumen jenis ini adalah konsumen yang membeli secara teratur dari kita. Mereka loyal karena terus-menerus mengajak orang lain untuk membeli produk kita, membela kita dengan sangat gigih saat ada yang mencoba menjelek-jelekan kita, dan tidak berpaling dari kita bahkan saat harga produk kita sedikit lebih tinggi dari kompetitor kita, serta dapat menerima kekurangan kita. Mereka benar-benar aset berharga yang harus selalu kita jaga.

  • Tidak reguler dan tidak loyal

Anda mungkin mengenal tipe konsumen seperti ini. Mereka hanya kadang-kadang saja membeli produk kita, mereka tidak mengajak orang lain untuk membeli produk kita, dan mereka akan berpindah haluan ketika harga produk kita naik, bahkan mereka cenderung ikut serta memberikan persetujuan ketika ada yang menjelek-jelekan produk atau perusahaan kita. Mereka tidak loyal, bahkan tidak juga reguler

Jadi kategori konsumen mana yang ideal? Tentu saja konsumen kategori ke tiga(3), Reguler dan Loyal! Mana yang lebih kita sukai antara kategori satu(1) dan dua(2)? Konsumen (1) menyumbangkan uang yang cukup besar untuk bisnis kita, tapi tidak loyal, sedangkan konsumen (2) sangat loyal, tapi tidak menyumbangkan uang sebanyak kategori (1). Mana yang lebih baik? Apa yang harus dilakukan? Jawaban terbaik adalah kita pilih dua-duanya. Kita tetap harus mempertahankan kosumen (1) karena merupakan pemberi aliran darah perusahaan. Terus memberikan pelayanan yang lebih dari ekspektasi mereka adalah satu cara untuk merubah mereka menjadi konsumen loyal dan reguler. Konsumen (2) adalah tulang punggung perusahaan. Karena mereka terus-menerus menggunakan produk/ jasa perusahaan kita. Kita harus terus berusaha, agar mereka berubah menjadi pembeli loyal dan reguler agar tulang punggung perusahaan kita menjadi semakin kuat.

Hal-hal seperti itulah yang terus mendorong PT. CIRILL INDONESIA untuk terus mengembangkan pelayanan kepada para pelanggan nya, agar para pelanggan AMDK CIRILL selalu menjadi pelanggan yang loyal dan reguler sehingga seluruh pelanggan mendapatkan manfaat terbaik dari air minum berkualitas, sehat, hemat dan segar, dan tercipta mayarakat yang sehat dan bermartabat. Mari kita ajak keluarga Indonesia untuk menggunakan AMDK CIRILL untuk konsumsi setiap hari.

Ali Maksum, S.Kom. MTI.

Lecturer On Muhammadiyah University, Passionate on IT, Business Intelligence and machine learning. 15 years experienced on IT field, specialized on Virtualization and Cloud computing System

Leave a Reply

Back To Top