
Konsumen Reguler dan Konsumen Loyal Part2
Pada minggu lalu kita sudah dapat membahas secara ringkas tipe-tipe konsumen. Pada artikel kali ini kita akan bahas lebih detail tentang 4 jenis tipe konsumen yang ada, yang bertujuan agar kita dapat memberikan pelayanan lebih baik kepada konsumen kita.
- Reguler tapi tidak loyal
Konsumen jenis ini adalah konsumen yang sering (teratur) membeli dari kita (perusahaan, toko kita), tapi mungkin juga membeli secara teratur (mungkin lebih sering) dari kompetitor kita. Mereka tidak mengajak orang lain untuk membeli produk kita, tidak membela kita ketika ada yang menjelek-jelekkan perusahaan atau produk kita. Mereka hanya membeli dari kita saat mereka nyaman melakukannya. Kemungkinan besar mereka akan berpindah haluan ketika anda menaikkan harga produk/ jasa anda. Reguler, tapi tidak berarti loyal.
- Loyal tapi tidak reguler
Ini adalah konsumen yang sangat loyal. Mereka hanya membeli dari kita dan tidak pernah membeli dari kompetitor kita, tak peduli seberapa menarik dan menggodanya tawaran dari kompetitor kita. Tiap kali ada kesempatan, mereka mengajak orang lain untuk membeli produk kita. Tiap kali ada yang menjelek-jelekan produk atau perusahaan kita, mereka selalu membela kita. Sayangnya, karena mereka pengguna dalam jumlah kecil, mereka hanya membeli sedikit dan tidak teratur. Secara perhitungan ekonomi, mereka hanya menyumbang sedikit pemasukan untuk perusahaan kita dibandingkan kategori pertama (Reguler tapi Tidak Loyal) .
- Reguler dan loyal
Konsumen jenis ini adalah konsumen yang membeli secara teratur dari kita. Mereka loyal karena terus-menerus mengajak orang lain untuk membeli produk kita, membela kita dengan sangat gigih saat ada yang mencoba menjelek-jelekan kita, dan tidak berpaling dari kita bahkan saat harga produk kita sedikit lebih tinggi dari kompetitor kita, serta dapat menerima kekurangan kita. Mereka benar-benar aset berharga yang harus selalu kita jaga.
- Tidak reguler dan tidak loyal
Anda mungkin mengenal tipe konsumen seperti ini. Mereka hanya kadang-kadang saja membeli produk kita, mereka tidak mengajak orang lain untuk membeli produk kita, dan mereka akan berpindah haluan ketika harga produk kita naik, bahkan mereka cenderung ikut serta memberikan persetujuan ketika ada yang menjelek-jelekan produk atau perusahaan kita. Mereka tidak loyal, bahkan tidak juga reguler
Jadi kategori konsumen mana yang ideal? Tentu saja konsumen kategori ke tiga(3), Reguler dan Loyal! Mana yang lebih kita sukai antara kategori satu(1) dan dua(2)? Konsumen (1) menyumbangkan uang yang cukup besar untuk bisnis kita, tapi tidak loyal, sedangkan konsumen (2) sangat loyal, tapi tidak menyumbangkan uang sebanyak kategori (1). Mana yang lebih baik? Apa yang harus dilakukan? Jawaban terbaik adalah kita pilih dua-duanya. Kita tetap harus mempertahankan kosumen (1) karena merupakan pemberi aliran darah perusahaan. Terus memberikan pelayanan yang lebih dari ekspektasi mereka adalah satu cara untuk merubah mereka menjadi konsumen loyal dan reguler. Konsumen (2) adalah tulang punggung perusahaan. Karena mereka terus-menerus menggunakan produk/ jasa perusahaan kita. Kita harus terus berusaha, agar mereka berubah menjadi pembeli loyal dan reguler agar tulang punggung perusahaan kita menjadi semakin kuat.
Hal-hal seperti itulah yang terus mendorong PT. CIRILL INDONESIA untuk terus mengembangkan pelayanan kepada para pelanggan nya, agar para pelanggan AMDK CIRILL selalu menjadi pelanggan yang loyal dan reguler sehingga seluruh pelanggan mendapatkan manfaat terbaik dari air minum berkualitas, sehat, hemat dan segar, dan tercipta mayarakat yang sehat dan bermartabat. Mari kita ajak keluarga Indonesia untuk menggunakan AMDK CIRILL untuk konsumsi setiap hari.