
Menganalisa Posisioning Perusahaan (Mengenal Model 7S)
Positioning adalah pertanyaan umum perusahaan selama bertahun-tahun, dan ada banyak jawaban yang berbeda. Beberapa pendekatan melihat dari faktor internal, beberapa melihat dari faktor eksternal, beberapa menggabungkan perspektif kedua hal tersebut, dan yang lainnya mencari keselarasan antara berbagai aspek organisasi yang sedang dikaji. Pada akhirnya, masalah ini lebih fokus ke faktor mana yang ingin kita pelajari.
Sementara beberapa model efektivitas organisasi silih berganti mengikuti tren, salah satu yang masih bertahan hingga saat ini adalah McKinsey 7-S framework. Dikembangkan di awal 1980-an oleh Tom Peters dan Robert Waterman, dua konsultan yang bekerja di McKinsey & Company, sebuah perusahaan konsultan, premis dasar dari model ini adalah bahwa ada tujuh aspek internal organisasi yang perlu disejajarkan jika ingin menjadi sukses .
Model 7-S dapat digunakan dalam berbagai situasi di mana perspektif keselarasan adalah sangat penting, misalnya, untuk membantu kita dalam:
- Meningkatkan kinerja perusahaan.
- Meneliti efek kemungkinan perubahan masa depan dalam perusahaan.
- Menyelaraskan departemen dan proses selama merger atau akuisisi.
- Menentukan cara terbaik untuk menerapkan strategi yang diusulkan.
Model 7-S dari McKinsey dapat diterapkan untuk efektivitas dari sebuah tim atau proyek. Masalah-masalah keselarasan dapat didefinisikan dengan mudah sesuai scope yang ditentukan.
Model 7S dari McKinsey memiliki tujuh faktor yang dikategorikan dalam dua elemen penting, yaitu Hard Elements dan Soft Elements:
“Hard Elements” merupakan unsur-unsur yang lebih mudah untuk didefinisikan atau diidentifikasi dan pihak manajemen dapat langsung menerapkannya: yang termasuk dalam strategi tersebut adalah; bagan organisasi dan alur pelaporan; alur proses formal dan sistem IT.
“Soft Elements”, disisi lain lebih sulit untuk dijelaskan, dan kurang nyata serta lebih banyak dipengaruhi oleh budaya perusahaan. Namun, unsur-unsur Soft Elements sama pentingnya dengan Hard Elements jika organisasi ingin menjadi sukses.
Secara umum ke 7 elemen tersebut adalah:
- Strategy: adalah rencana yang dirancang untuk mempertahankan dan membangun keunggulan kompetitif dalam persaingan.
- Structure: adalah cara organisasi membentuk struktur dan siapa melapor kepada siapa.
- System: adalah kegiatan dan prosedur dimana anggota staf dapat menyelesaikan pekerjaan nya setiap hari
- Shared value: artinya mampu menjelaskan tujuan dari nilai-nilai penting perusahaan
- Style: adalah gaya kepemimpinan yang diterapkan.
- Staff: adalah menggambarkan karyawan dan kemampuan umum mereka.
- Skill: adalah keterampilan yang sebenarnya dan kompetensi karyawan yang bekerja untuk perusahaan.
Untuk artikel lebih detail akan kita lanjutkan di artikel berikutnya