
Tersenyumlah Ketika Melayani Konsumen
Apakah anda tahu aktifitas apa yang membuat orang lain senang dan memikat hati orang lain tanpa biaya? Yup jawabannya sangat mudah yaitu SENYUM! Tersenyum kelihatannya mudah dilakukan, namun tak disangkal banyak orang di sekitar kita yang sulit untuk tersenyum. Padahal dengan senyum kita dapat menenangkan dan membuat orang lain simpatik terhadap kita. Itulah juga yang terjadi jika anda memberikan senyum yang tulus pada konsumen! Siapakah konsumen kita? Konsumen kita adalah siapa saja yang berinteraksi dengan kita, baik itu teman maupun orang lain.
Manfaat senyum tidak hanya dapat anda rasakan ketika berhadapan langsung dengan orang lain. Namun, juga ketika anda berbicara melalui telepon, atau sedang melakukan chat. Saya yakin, lawan bicara anda dapat mengetahui dan bahkan merasakan apakah anda berbicara dengan tersenyum atau tidak. Jika anda tidak percaya, coba praktikkan sendiri dan rasakan perbedaannya ketika anda berbicara sambil tersenyum atau tidak.
Jika perusahaan anda memiliki departemen customer service/ pelayanan pelanggan, anda mungkin dapat mengajarkan/ mengajak mereka yang bekerja di departemen tersebut untuk selalu tersenyum kepada setiap konsumen, baik melalui telepon, ataupun bertemu secara langsung. Taruhlah cermin di dekat mereka, dengan cermin tersebut mereka dapat melihat apakah wajah mereka terlihat oke atau tidak. Wajah itulah yang nantinya akan terlihat dan dirasakan oleh konsumen.
Cermin tersebut sebenarnya tidak hanya dapat ditaruh di departemen customer service saja, namun bisa ditaruh di meja setiap orang, karena saya yakin setiap orang di sebuah perusahaan pasti berhubungan dengan konsumen, baik internal maupun eksternal, artinya sebuah departemen selalu melayani departemen lainnya baik dari luar perusahaan maupun dari dalam perusahaan( rekan-rekan kita sendiri).
Budaya tersenyum seperti ini sudah PT. CIRILL INDONESIA terapkan dari semenjak awal karyawan tersebut menjadi bagian dari perusahaan. Melalui training rutin yang diadakan setiap bulan. Setiap karyawan baru mendapatkan pelatihan tentang segala hal yang berhubungan dengan pekerjaan mereka, serta sikap budaya kerja perusahaan. Karena hanya dengan penanaman budaya kerja dari awal lah dapat dibentuk budaya kerja yang harmonis untuk menghasilkan produk yang berkualitas.
So, cobalah untuk selalu tersenyum agar apa yang ada disekitar kita menjadi lebih baik.
Sediakan selalu AMDK CIRILL di dekat anda, agar anda dapat menikmati betapa segarnya AMDK CIRILL, teguk, lalu tersenyumlah untuk mengawali setiap aktifitas anda. AMDK CIRILL air minum berkualitas, sehat, hemat, dan segar.