
Perubahan Yang Menciptakan Nilai
Banyak ahli yang menyamakan antara keunggulan daya saing dengan profitabilitas tinggi. Tetapi banyak realitas yang menunjukkan bahwa keadaannya tidak selalu demikian. Meskipun “Keunggulan daya saing” sudah sering diungkit-ungkit dalam dunia strategi bisnis, kita tidak bisa berharap menjadi berhasil hanya dengan memiliki atau menjadi pemilik, membeli, atau menjual keunggulan daya saing. Yang menurut saya tepat adalah bahwa hubungan antara keunggulan daya saing dan kesuksesan bersifat dinamis. Yaitu kesuksesan sebuah bisnis dapat terjadi ketika daya saing meningkat dan permintaan dari konsumen juga meningkat.
Secara khusus, peningkatan ini memerlukan strategi untuk kemajuan, setidaknya satu dari empat bidang berbeda, yaitu:
- Memperdalam keunggulan
Memperdalam keunggulan berarti memperlebar selisih antara peningkatan nilai untuk para pembeli dan pengurangan biaya produk serta penjualan. Masalah yang timbul dalam perbaikan proses kerja juga timbul dalam hal pengembangan produk, dan yang sulit adalah mengamati tren konsumen akan sebuah produk.
- Memperluas jangkauan keunggulan
Memperluas jangkauan keunggulan daya saing yang ada berarti membawanya ke sebuah bidang baru dan kompetisi baru. Sebagai contoh sederhana, Mobile Banking merupakan fenomena yang tumbuh di dunia perbankan saat ini. eBay yang memiliki keahlian dalam sistem pembayaran melalui bisnis paypal nya menjadikannya sebagai peningkat keunggulan serta memperluas jangkauan keunggulan daya saing bisnisnya.
- Menciptakan permintaan yang lebih tinggi untuk produk atau layanan yang lebih unggul
Keunggulan daya saing menjadi semakin terlihat ketika jumlah pembeli atau konsumen semakin meningkat. Sebagai contoh perusahaan Pesawat Embraer (Brasil) berhasil menjual banyak pesawat kecil dibandingkan perusahaan sekelas boeing, hal ini berarti bahwa perusahaan tersebut telah berhasil meningkatkan nilai dan keunggulan nya, khususnya dalam hal desain dan produksi pesawat kecil. Tetapi harus diperhatikan, bahwa permintaan yang lebih tinggi akan meningkatkan keuntungan jangka panjang hanya bila bisnis sudah memiliki nilai unik yang mampu menciptakan daya saing yang stabil
- Memperkuat mekanisme pengisolasi yang menghalangi replikasi dan imitasi secara mudah oleh pesaing
Produk imitasi akan banyak bermunculan ketika sebuah produk telah menjadi populer dan banyak dibutuhkan konsumen. Untuk memperkuat agar produk tidak mudah direplikasi oleh pesaing, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan, diantaranya mengusahakan paten yang kuat, perlindungan merek, dan pendaftaran hak cipta atau kekayaan intelektual.
Hal-hal diatas banyak diimplementasikan oleh perusahaan-perusahaan besar, diantaranya Micorsoft dengan produk Windows nya, Apple dengan produk iMac, iPad, iPhone, iPod nya, dan perusahaan-perusahaan besar lainnya. Sebagai perusahaan AMDK yang memiliki pasar yang luas di Indonesia tentunya PT. CIRILL INDONESIA juga melakukan hal yang sama , selalu berusaha berinovasi serta melakukan perubahan untuk meningkatkan nilai produknya. Dengan memiliki daya saing unik yaitu air minum dalam kemasan berkualitas dengan harga hemat, sehat, dan segar serta menggunakan merek CIRILL, PT. CIRILL INDONESIA telah menemukan nilai unik dari produknya tersebut. Selain itu perlindungan paten juga telah dilakukan untuk menjaga adanya replikasi dari pesaing, dengan demikian originalitas produk CIRILL akan terjamin. Semua hal tersebut akan membuat konsumen semakin yakin dengan produk-produk AMDK CIRILL karena adanya jaminan kualitas, serta jaminan kemudahan pengiriman, sehingga AMDK CIRILL selalu layak menjadi pilihan keluarga Indonesia.