
Pelanggan Reguler dan Pelanggan Loyal Part1
DISADARI ATAU TIDAK, banyak sekali perusahaan yang tidak membedakan jenis konsumen. Siapapun yang membeli produk atau menggunakan layanan anda, dialah konsumen anda. Padahal membedakan tipe konsumen adalah sangat penting, karena dengan mengetahui siapa-siapa yang masuk kedalam masing-masing kategori, kita akan dapat memberikan pelayanan yang sesuai kepada setiap konsumen, dan melayani mereka secara lebih baik.
Jika kita perhatikan bank-bank yang ada di Indonesia mereka telah menerapkan konsep ini, beberapa menamai jenis konsumennya dengan sebutan konsumen prioritas dan konsumen reguler, bahkan ada dari mereka yang sampai membuka cabang khusus untuk melayani konsumen prioritas.
Disini saya akan menggunakan nama konsumen reguler dan konsumen prioritas. Konsumen reguler adalah orang yang sering membeli atau menggunakan produk di tempat kita. Ada beberapa hal yang mungkin membuat mereka terus membeli produk di tempat kita, misalnya harga yang murah, atau produk kita yang berkualitas, atau kita satu-satunya yang menjual produk tersebut, atau juga karena kemudahan proses pemesanan, atau pelayanan kita yang sesuai ekspektasi mereka.
Namun, kita harus menyadari bahwa konsumen “Reguler” mungkin juga membeli/ menggunakan produk dari kompetitor, bahkan bisa jadi mereka juga membeli produk dari kompetitor secara reguler.
Berbeda dengan konsumen reguler, konsumen loyal adalah:
- Mereka yang membeli produk hanya di tempat kita
- Mereka yang akan membela produk anda secara sukarela jika ada orang yang menjelek-jelekkan produk atau nama perusahaan anda
- Mereka yang mereferensikan atau mengajak orang lain untuk membeli atau menggunakan produk anda
- Mereka tidak sensitif terhadap harga
- Mereka dapat menerima kekurangan anda
Dari beberapa poin di atas terlihat jelas perbedaan konsumen reguler dengan konsumen loyal. Dari dua tipe konsumen tersebut, kita bisa membagi lagi tipe konsumen kita, yaitu:
- Reguler tapi tidak loyal
- Loyal tapi tidak reguler
- Reguler dan loyal
- Tidak reguler dan tidak loyal
Agar pembahasan kita tidak terlalu panjang, kita akan membahas secara detail ke empat tipe konsumen diatas minggu depan. Yang pasti untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada para pelanggan AMDK CIRILL menerapkan konsep di atas, sehingga konsumen yang loyal mendapatkan pelayanan yang spesial dan mereka akan selalu loyal terhadap produk-produk AMDK CIRILL.
Dari sanalah terlihat kualitas PT. CIRILL INDONESIA, selain memberikan produk air minum berkualitas, sehat, hemat, dan segar, AMDK CIRILL juga memberikan pelayanan maksimal kepada para pelanggan nya, sehingga 80% dari pelanggan AMDK CIRILL adalah pelanggan yang LOYAL.