skip to Main Content

Selamat Datang

PT. CIRILL INDONESIA  adalah perusahaan Air Minum Dalam Kemasan yang sangat fokus pada kualitas air minum untuk dikonsumsi oleh seluruh masyarakat Indonesia. Dengan Berfokus pada kualitas tersebut PT. CIRILL INDONESIA telah mengimplementasikan teknologi terbaru pada semua lini perusahaan, mulai dari Lini Supply Chain, Produksi, hingga Distribusi kepada para Konsumennya. PT. CIRILL INDONESIA memberikan jaminan kualitas pada setiap produk yang diterima oleh Masyarakat. AMDK Cirill sehat hemat segar dan steril. Cirill Pilihan Kita Semua

Hubungi Kami

Email: cs@cirill.net
Telepon: (62) 21 596 1118
Kp. Pabuaran Dukuh Cikupa Tangerang

Lokasi Kami

mapcirill
Pelanggan Reguler Dan Pelanggan Loyal Part1

Pelanggan Reguler dan Pelanggan Loyal Part1

DISADARI ATAU TIDAK, banyak sekali perusahaan yang tidak membedakan jenis konsumen. Siapapun yang membeli produk atau menggunakan layanan anda, dialah konsumen anda. Padahal membedakan tipe konsumen adalah sangat penting, karena dengan mengetahui siapa-siapa yang masuk kedalam masing-masing kategori, kita akan dapat memberikan pelayanan yang sesuai kepada setiap konsumen, dan melayani mereka secara lebih baik.

Jika kita perhatikan bank-bank yang ada di Indonesia mereka telah menerapkan konsep ini, beberapa menamai jenis konsumennya dengan sebutan konsumen prioritas dan konsumen reguler, bahkan ada dari mereka yang sampai membuka cabang khusus untuk melayani konsumen prioritas.

Disini saya akan menggunakan nama konsumen reguler dan konsumen prioritas. Konsumen reguler adalah orang yang sering membeli atau menggunakan produk di tempat kita. Ada beberapa hal yang mungkin membuat mereka terus membeli produk di tempat kita, misalnya harga yang murah, atau produk kita yang berkualitas, atau kita satu-satunya yang menjual produk tersebut, atau juga karena kemudahan proses pemesanan, atau pelayanan kita yang sesuai ekspektasi mereka.

Namun, kita harus menyadari bahwa konsumen “Reguler” mungkin juga membeli/ menggunakan produk dari kompetitor, bahkan bisa jadi mereka juga membeli produk dari kompetitor secara reguler.

Berbeda dengan konsumen reguler, konsumen loyal adalah:

  • Mereka yang membeli produk hanya di tempat kita
  • Mereka yang akan membela produk anda secara sukarela jika ada orang yang menjelek-jelekkan produk atau nama perusahaan anda
  • Mereka yang mereferensikan atau mengajak orang lain untuk membeli atau menggunakan produk anda
  • Mereka tidak sensitif terhadap harga
  • Mereka dapat menerima kekurangan anda

Dari beberapa poin di atas terlihat jelas perbedaan konsumen reguler dengan konsumen loyal. Dari dua tipe konsumen tersebut, kita bisa membagi lagi tipe konsumen kita, yaitu:

  • Reguler tapi tidak loyal
  • Loyal tapi tidak reguler
  • Reguler dan loyal
  • Tidak reguler dan tidak loyal

Agar pembahasan kita tidak terlalu panjang, kita akan membahas secara detail ke empat tipe konsumen diatas minggu depan. Yang pasti untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada para pelanggan AMDK CIRILL menerapkan konsep di atas, sehingga konsumen yang loyal mendapatkan pelayanan yang spesial dan mereka akan selalu loyal terhadap produk-produk AMDK CIRILL.

Dari sanalah terlihat kualitas PT. CIRILL INDONESIA, selain memberikan produk air minum berkualitas, sehat, hemat, dan segar, AMDK CIRILL juga memberikan pelayanan maksimal kepada para pelanggan nya, sehingga 80% dari pelanggan AMDK CIRILL adalah pelanggan yang LOYAL.

Ali Maksum, S.Kom. MTI.

Lecturer On Muhammadiyah University, Passionate on IT, Business Intelligence and machine learning. 15 years experienced on IT field, specialized on Virtualization and Cloud computing System

Leave a Reply

Back To Top