
Megatren dan Perubahan Peraturan
Tren dan perkembangan pada masa mendatang berperan penting dalam pembentukan model bisnis baru. Meskipun tren dan perkembangan ini tidak dapat diubah oleh manajer, mereka tetap harus selalu mempertimbangkannya untuk memastikan agar bisnis mereka dapat menyesuaikan disaat yang tepat dan memprediksikannya. Lebih kurang sejak 5 abad sebelum masehi, Pericles memahami pentingnya memandang ke masa depan saat ia berkata, “Ini bukanlah memprediksi masa depan dengan tepat, tapi bersiap-siap untuk menghadapinya”. Contoh model bisnis baru di bawah ini menunjukkan bagaimana sebuah perusahaan dapat memanfaatkan tren sosial dan ekonomi lebih awal dan lebih tepat:
- Setelah melihat pertumbuhan yang stabil di pasar, perusahaan telekomunikasi asal India, Airtel memutuskan untuk menata model bisnisnya secara khusus untuk memenuhi segmen pelanggannya. Airttel mengalihdayakan (outsourcing) 90% prosesnya dan menggaet pelanggan secara agresif dengan angka 10.000 pelanggan baru per hari kerja. Hasilnya, tarif Airtel per menit mencapai 5x lebih rendah daripada layanan telekomunikasi kompetitor (barat)
- Setelah memprediksi potensi pasar yang berkembang di negara berpendapatan rendah, Grameen Bank mengembangkan model bisnis perbankan khusus untuk segmen tertentu. Misalnya mereka hanya memberikan pinjaman 98% hanya kepada kaum Wanita. Hat ini dikarenakan berdasarkan pengalaman mereka bertahun-tahun telah membuktikan bahwa kaum wanita adalah debitur yang lebih terpercaya.
Sebuah perusahaan harus fokus pada apa yang mereka anggap sebagai tren dan faktor yang paling mempengaruhi model bisnis mereka. Setiap saat muncul banyak tren, dan kesemuanya belum tentu berasal dari segmen pelanggan yang sama.
Perubahan peraturan dalam lingkungan usaha sama pentingnya dengan tren bisnis kita. Contohnya penyedia layanan televisi berbayar, misalnya SKy, penyedia layanan tersebut tidak akan ada jika industri penyiaran televisi tidak di swastakan lebih dari 25 tahun lalu. Perubahan tren dan peraturan adalah perubahan yang rumit dan sering kali sulit dikenali. Namun, kedua perubahan ini merupakan faktor terpenting dalam inovasi model bisnis. Mungkin kita dapat mengikuti langkah Albert Einstein yang pernah berkata “ Saya lebih tertarik dengan masa depan dari pada masa lalu, karena saya ingin hidup di masa depan”.
Dengan melihat tren dan perubahan peraturan hukum di masyarakat PT. CIRILL INDONESIA selalu siap menghadapi perubahan tersebut. PT. CIRILL INDONESIA selalu memandang bahwa setiap tren dan perubahan peraturan adalah sebuah peluang besar yang harus diambil dan dimanfaatkan, bukannya menjadi sebuah ancaman perusahaan. Proses penyusunan ide adalah proses yang harus betul-betul diperhatikan, karena ide adalah elemen pokok dalam navigasi model bisnis.
Produk-produk AMDK CIRILL kini telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia dengan mengikuti tren dan perubahan peraturan. Pemanfaatan teknologi informasi tepat guna telah meningkatkan jumlah pelanggan serta penjualan produk. Pelayanan maksimal kepada pelanggan serta produk AMDK berkualitas adalah kata kunci yang menjadi resep sukses PT. CIRILL INDONESIA. Sebagai produsen air minum dalam kemasan berkualitas, sehat, hemat, dan segar, PT. CIRILL INDONESIA secara terus menerus melakukan perbaikan pelayanan dan melakukan inovasi untuk menjadi leader di bidang nya tersebut. Dengan pelayanan maksimal dan produk berkualitas menjadikan AMDK CIRILL pilihan utama keluarga Indonesia. AMDK CIRILL Pilihan kita semua.