
Manfaat Kerjasama dengan Kompetitor
Masih melanjutkan artikel minggu lalu tentang strategi perkawanan, pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh perusahaan yang menerapkan strategi tersebut. Kita di Indonesia sudah tidak asing dengan merek Toyota maupun Daihatsu. Dan kita semua juga tahu mereka saling bekerja sama dalam mendesain produk mobil keluarga. Meskipun di negara asal mereka Jepang, kedua produsen otomotif tersebut saling bersaing untuk merebut hati konsumen, tetapi di Indonesia mereka saling bekerja sama dalam membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Hal tersebut adalah salah satu contoh penerapan strategi perkawanan yang telah berhasil diimplementasikan oleh Toyota dan Daihatsu.
Ada beberapa manfaat yang dapat kita peroleh jika kita berhasil menerapkan strategi perkawanan dengan bekerjasama dengan kompetitor:
- Pengembangan produk baru
Keterbatasan sumberdaya membuat kerjasama dengan kompetitor menjadi relevan dalam rangka pengembangan produk baru, apalagi ketika dua atau lebih perusahaan tersebut punya tujuan yang sama dan tidak saling “head on” berkompetisi.
- Technical Expertise Sharing
Keahlian dalam teknis produksi, keuangan atau pemasaran bisa saling dibagikan kepada mitra aliansi. Terlalu “pelit” untuk membagikan kepada perusahaan yang menjadi mitra aliansi juga akan berdampak terjadinya ketimpangan kerjasama. Dan berbagi keahlian teknis juga akan mengasah keahlian yang dimiliki agar lebih “kinclong” dan makin ampuh. Lagipula kalua kita tidak bagikan kepada perusahaan atau badan lain, bisa jadi keahlian yang dimiliki oleh perusahaan juga kurang dipahami oleh konsumen.
- Supply chain Integration
Penguasaan proses bisnis dari hulu ke hilir yang bisa mengarah kepada bentuk konglomerasi akan lebih baik dikerjasamakan dengan pihak lain, termasuk kompetitor. Pada beberapa perusahaan consumer goods yang sudah mapan, proses logistic seringkali dikerjasamakan dengan kompetitornya agar tercapai prinsip efisiensi. Dengan teknologi supply chain management yang dimiliki oleh PT. CIRILL INDONESIA saat ini, banyak perusahaan kompetitor yang menginginkan kerjasama pada bidang distribusi dengan PT. CIRILL INDONESIA.
- Gain Economic Of Scale
Skala ekonomis yang jumlahnya terlalu besar untuk dicapai sendiri oleh satu perusahaan akan lebih baik jika bisa dikerjakan secara “keroyokan” oleh beberapa perusahaan
- Join Marketing Activities
Perusahaan-perusahaan yang saling berkompetisi bias memiliki kepentingan dan perlakuan serupa pada pasarnya. Pada perusahaan farmasi, mengunjungi dokter, rumah sakit, apotek, atau saluran distribusi lainnya bias dikerjasamakan antar kompetitor. Tentu saja aspek heterogenitas produk harus mendapat perhatian.
Kerjasama dengan kompetitor memang tidak selalu abadi. kompetitor tetap saja kompetitor. Tetap harus ada semangat untuk memenangkan kompetisi dan dari situlah kita dapat melihat indahnya strategi perkawanan. Berkawan selalu lebih baik daripada bermusuhan, berkompetisi tidak selalu berarti kita menjadi musuh. Berkompetisi artinya memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen, memberikan produk terbaik dan bermanfaat bagi mereka. Karenanya PT. CIRILL INDONESIA tanpa henti mengembangkan produk dan layanannya, sehingga konsumen mendapatkan produk air minum berkualitas, sehat, hemat, dan segar dengan tepat waktu serta dengan pelayanan terbaik. AMDK CIRILL air minum pilihan kita semua.