
Konsentrasi (Membangun Strategi Di Tengah Situasi yang Dinamis)
Memulai tahun 2017 dengan sebuah strategi baru di dalam mengembangkan bisnis adalah sebuah kewajiban, karena di tahun-tahun sebelumnya banyak target-target perusahaan yang belum tercapai. Salah satu penghambat yang sering tidak kita sadari adalah kita tidak cukup berkonsentrasi terhadap apa tujuan kita. Langkah kembali ke konsentrasi muncul ketika upaya untuk fokus ke sasaran yang lebih kecil, atau lebih terbatas untuk menghasilkan hasil yang lebih besar. Keuntungan ini mengalir dari kombinasi keterbatasan dan efek ambang batas. Jika kita memiliki sumber daya yang tidak terbatas, maka tidak perlu dibuat pilihan atas satu tujuan dengan mengorbankan yang lainnya. Jika para pesaing dapat dengan mudah melihat langkah-langkah kita dan dengan cepat menanggapi, kita tidak akan mendapatkan banyak keuntungan dari berkonsentrasi pada kelemahan tersebut.
Sebagai sebuah contoh, ambang batas pada efek periklanan adalah jumlah iklan yang sangat kecil tidak akan memberi hasil sama sekali. Untuk mendapatkan sebuah hasil dari iklan, kita harus dapat melewati suatu batas, hal ini berarti perusahaan harus mengatur waktu iklan, mengkonsentrasikan iklan dalam periode-periode yang relatif singkat, jelas, padat, dan menuju target market. Misalnya untuk pengenalan sebuah produk baru, ada baiknya perusahaan mengkonsentrasikan iklannya di tempat produk tersebut disebar, dan setelah mendapatkan antusiasme yang besar, baru dapat diiklankan secara merata.
Beberapa ahli strategi bisnis akan lebih memilih untuk mendominasi segmen pasar yang lebih kecil terlebih dahulu dari pada berusaha untuk langsung menguasai pangsa pasar yang besar, karena hasilnya tidak akan sebaik strategi yang pertama. Sama halnya dengan para politikus yang lebih suka memberikan janji dan manfaat yang jelas kepada kelompok yang dapat mereka kenali, dari pada memberikan janji memberikan keuntungan yang besar kepada seluruh penduduk, tetapi penyebarannya lebih tipis dan kurang mengena.
Salah satu alat paling kuat dari seorang pemimpin adalah dapat menciptakan sasaran terdekat dengan baik, yaitu sasaran yang cukup dekat sehingga layak untuk dijadikan sebuah tujuan. Jika banyak ahli startegi yang menyarankan ketika sebuah situasi menjadi semakin dinamis, pemimpin harus semakin melihat jauh ke depan. Menurut saya hal tersebut tidak logis, karena semakin dinamis sebuah situasi perkiraan kita akan menjadi semakin lemah. Oleh karena itu jika situasi semakin tidak menentu, sasaran strategis kita harus semakin dekat. Sasaran terdekat dipandu oleh perkiraan masa depan, tetapi jika situasi menjadi semakin dinamis, hal terbaik menurut saya adalah “mengambil posisi yang kuat dan membuat pilihan”.
Jika diantara anda ada yang pernah membaca deskripsi Herbert Goldhamer mengenai pertandingan antara dua juara catur dunia, disana digambarkan dengan jelas bagaimana dinamika dalam mengambil sebuah keputusan, yaitu menciptakan pilihan dan membangun keuntungan. Kedua juara catur yang saling bertanding cenderung membuat langkah yang tidak memiliki tujuan, tetapi lebih kepada “Memperbaiki Posisi”. Langkah-langkah mereka cenderung bertujuan untuk meningkatkan mobilitas, yaitu memperluas gerakan biji catur dan membatasi gerakan lawan. Dan hal tersebut juga dapat berlaku bagi sebuah bisnis perusahaan.
Di tengah kelesuan ekonomi yang membutuhkan keuletan dan strategi yang matang, perusahaan pemenang sebagian besar memanfaatkan strategi catur diatas, karena sudah terbukti membuat perusahaan dapat bertahan di dalam situasi yang serba tidak pasti. Berkonsentrasi pada kemajuan perusahaan dengan melihat sasaran terdekat dari pada sasaran global akan membuat perusahaan lebih mudah melihat peluang yang tersembunyi. Sebagai perusahaan yang sudah lama berkecimpung di bidang Air minum dalam kemasan, PT. CIRILL INDONESIA selalu melihat peluang-peluang terdekat dan ber konsentrasi fokus mulai dari hal-hal yang paling kecil. Sehingga sampai saat ini dapat memberikan produk Air minum berkualitas, sehat, hemat, dan segar kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Terbukti bertahan dari ketidakpastian situasi dan berbagai tantangan perkembangan teknologi serta situasi ekonomi, sehingga sampai saat ini tetap menjadi perusahaan AMDK terpercaya pilihan masyarakat Indonesia. AMDK CIRILL air minum pilihan kita semua.