
Kiat Sukses Pebisnis Baru
Membangun sebuah bisnis baru memerlukan strategi-strategi tertentu agar bisnisnya bisa berkembang atau dapat bertahan melawan persaingan bisnis. Salah satu kiatnya adalah memelihara hubungan baik dengan konsumen. Minggu lalu kita sudah membahas hal-hal yang membuat bisnis kita dapat berkelanjutan. Salah satu stakeholder yang sangat berpengaruh adalah konsumen. Hubungan dengan konsumen yang terjalin baik, tidak hanya dapat membuat konsumen membeli produk yang ditawarkan, tetapi juga dapat membuat konsumen berhenti membeli produk sejenis dari pemasok lama mereka, dan mulai beralih secara rutin membeli produk dari kita.
Bercermin dari pengalaman kesuksesan berbisnis dari PT. CIRILL INDONESIA, berikut ini adalah beberapa kiat bagi pebisnis baru, yaitu:
- Mulailah berbisnis dengan membangun sinergi dari tiga atau empat orang teman sebagai pendiri usaha. Semakin banyak anggota tim pendiri akan semakin baik, karena semakin banyak kumpulan kekuatan yang bergabung, hanya saja perlu juga dipertimbangkan aspek penyatuan pendapat yang juga tidak mudah.
- Komposisi pendiri usaha perlu ada yang punya kompetensi sebagai penjual profesionalkomposisi ini membuat usaha baru tidak hanya berfokus pada produk yang ditawarkan, tetapi juga memperhatikan pasar.
- Penggabungan usaha baru yang melinatkan beberapa orang perlu membangun semangat kerja sebagai tim yang solid. Perlu ada pembagian tugas yang jelas diantara para pendiri sehingga tidak ada yang menjadi beban bagi pendiri yang lain.
- Bisnis baru perlu lebih memberi perhatian pada arus dana kas. Usaha baru memerlukan disiplin keuangan yang lebih tinggi daripada usaha yang telah lama berjalan, dengan selalu memperhatikan kemampuan pemodalan. Jangan sampai pengembangan bisnis baru kehabisan peluru di tengan jalan.
- Bisnis baru perlu menemukan sasaran yang tokcer, termasuk menemukan pelanggan pertama yang tepat dan yang bisa memberi tambahan motivasi untuk pengembangan bisnis di masa depan
Itulah beberapa tips yang perlu kita perhatikan pada saat memulai atau mengembangkan bisnis baru. PT. CIRILL INDONESIA telah menerapkan semua tips diatas, sehingga mereka dapat maju dan berkembang pesat ke seluruh penjuru negeri, menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Mulai dari satu wilayah ke wilayah yang lain, dibangun dengan menggunakan hubungan baik dengan para konsumen dan produk air minum berkualitas, sehat, hemat, dan segar, serta distribusi tepat waktu, membuat AMDK CIRILL menjadi idola masyarakat Indonesia. Mari cintai produk dalam negeri untuk Indonesia yang lebih baik.