
Juallah Solusi Dan Manfaat
Beberapa tahun belakangan, pelanggan tidak sekedar membeli sebuah produk atau jasa. Mereka membeli solusi dan manfaat (Solutions and benefits). Apa bedanya? Kalau kita ditanya mengenai produk, kita dengan mudah bisa menyebutkan, ciri-ciri, kelebihan, dan manfaat produk kita. Namun sebelum menawarkan produk itu kepada pelanggan, kita harus mengerti keadaan pelanggan kita, permasalahan, atau kesulitan yang sedang dia hadapi. Dengan memahami masalah atau keadaan mereka, kita bisa memikirkan apakah produk atau jasa kita dengan segala ciri, keunggulan, dan kelebihannya dapat memecahkan atau mengurangi masalah yang sedang dihadapi oleh pelanggan kita. Kalau bisa, itu berarti anda sudah menjual solusi. Dengan kata lain, kalau anda menjual solusi, yang harus anda lakukan adalah anda pertama-tama menempatkan diri anda di posisi pelanggan, memahami situasi mereka, dan kemudian menawarkan solusi berdasarkan apa yang anda ketahui tentang masalah mereka.
Pertanyaannya sekarang adalah, anda menjual produk atau solusi? Kalau anda lebih condong ke menjual produk, maka dalam benak pelanggan, anda barangkali juga menjadi masalah bagi mereka. Saat menghadapi anda, mereka akan berpikir “Apakah salesman ini datang membawa solusi terhadap masalah yang saya hadapi saat ini?” jika tidak, berarti anda hanya menambah masalah mereka, setidaknya menyita waktu berharga mereka, kesal karena harus menghadapi anda, dan lain-lain.
Di zaman teknologi seperti sekarang, jika kita hanya menjual produk dengan segala ciri atau fiturnya, berarti dalam waktu singkat kita akan digilas oleh e-commerce yang saat ini sudah menjamur di segala bidang usaha. Internet membuat pelanggan dengan mudah mengetahui dan membandingkan berbagai produk, lengkap dengan keterangan dan harganya, dan dia tidak perlu berurusan dengan tenaga penjual, karena tenaga penjual telah digantikan oleh halaman website.
Lain halnya jika kita menjual solusi, kita tidak akan melakukan penjualan langsung, tetapi pertama-tama mendengarkan pelanggan untuk mengetahui apa masalah dan kebutuhannya. Dengan pendekatan seperti itu akan membuat pelanggan lebih senang dan nyaman. Demi untuk menjaga kesetiaan konsumen AMDK CIRILL selalu melakukan pendekatan solusi daripada hanya sekedar melakukan sebuah produk. Memberikan kemudahan pelayanan pelanggan adalah salah satunya. Pelanggan dapat dengan mudah melakukan pemesanan produk, baik melalui media offline maupun menggunakan layanan online. Hanya dengan melakukan SMS / WA / BBM ke SMS / WA / BBM Center CIRILL INDONESIA pelanggan langsung menerima kiriman produk air minum berkualitas, sehat, hemat, dan segar, serta terjamin keasliannya, karena diperoleh langsung dari produsen. Dengan terjaminnya keaslian produk maka manfaat yang diperoleh konsumen akan bertambah, yaitu kecepatan pengiriman, serta produk yang fresh dari gudang PT. CIRILL INDONESIA sehingga terjamin aman untuk dikonsumsi setiap hari oleh semua orang.
Sediakan selalu AMDK CIRILL di rumah, pesan sekarang juga, rasakan manfaatnya, nikmati kesegarannya. AMDK CIRILL air minum pilihan keluarga Indonesia