
Daya Saing Bisnis Part2
Pada tahun 2010 saya sempat mempelajari tentang bisnis development, dan saya sangat tertarik dengan buku karangan DR. Handito Joewono mengenai daya saing sebuah bisnis, saya berusaha merangkum isi dari buku tersebut dalam artikel kali ini. Kemampuan bersaing suatu perusahaan dapat diukur dengan menggunakan 8 indikator alat ukur daya saing, atau biasa disebut “7n1” Competitiveness Indicators untuk menilai kemampuan bersaing sebuah usaha dalam melayani konsumen dan stakeholdernya. Indicator-indikator tersebut adalah :
- Sales
Menjual dan menjual lebih banyak merupakan tujuan pertama dari sebuah bisnis. Omzet penjualan merupakan aliran darah likuiditas perusahaan. Tanpa penjualan perusahaan tidak akan bisa bergerak. Dari indicator ini PT. CIRILL INDONESIA telah menerapkan system sales yang unik dan menguntungkan semua pihak, yaitu konsumen, distributor/ mitra, dan produsen. Melalui Cirill Distributor Mandiri, Cirill Mitra Mandiri, dan Direct end to end distribution. Dari indicator ini AMDK CIRILL terlihat memiliki daya saing yang sangat kuat
- Market share
Market share atau pangsa pasar merupakan perbandingan omzet penjualan perusahaan dengan market size pada industry sejenis. Market share menggambarkan penguasaan pasar satu perusahaan atas arena persaingannya. Semakin tinggi pangsa pasar berarti semakin tinggi dominasi perusahaan atas lingkungan persaingannya. Pada indicator ini AMDK CIRILL sangat mendominasi di beberapa wilayah, dan ini memberikan gambaran bahwa AMDK CIRILL berhasil menguasai market share di beberapa wilayah di Indonesia dan menandakan AMDK CIRILL memiliki daya saing yang kuat dengan produk sejenis.
- Customer awareness
Jika konsumen tidak mengenal suatu produk, tentu kemungkinan membeli oleh konsumen rendah. Tidak mengherankan jika banyak perusahaan berlomba-lomba berusaha mempopulerkan produk atau merek nya melalui iklan agar bisa mendapat awareness lebih banyak dan lebih tinggi. Berbeda dengan perusahaan sejenis yang banyak memasang iklan di media cetak dan televisi, AMDK CIRILL mempunyai cara tersendiri untuk membuat produknya dikenal oleh masyarakat. Jika perusahaan lain lebih mengutamakan iklan agar lebih dikenal masyarakat, PT. CIRILL INDONESIA lebih mengutamakan Corporate Social Responsibility (CSR) nya untuk dapat menyatu dengan masyarakat. Hal ini dikarenakan dengan menyatu bersama masyarakat maka produk-produk AMDK CIRILL akan lebih mudah diterima oleh masyarakat, selain produknya yang memang telah berkualitas, sehat, hemat, dan segar, dan dengan sendirinya masyarakat akan mengenal dan menggunakan produk-produk PT. CIRILL INDONESIA.
Masih ada 5 indikator lagi yang nanti akan kita lanjutkan di artikel berikutnya agar kita lebih mengetahui indicator daya saing sebuah perusahaan. Selain itu kita juga dapat mengetahui mengapa AMDK CIRILL patut untuk dijadikan pilihan utama bagi keluarga. Yang pasti AMDK CIRILL selalu memberikan produk air mineral berkualitas, sehat, hemat, dan segar, serta layanan prima bagi konsumennya.