
Customer Service Excellence
Persaingan di dunia bisnis yang semakin keras membuat kepuasan konsumen lama-kelamaan menjadi hal yang umum. Perusahaan tidak lagi cukup memuaskan konsumen, mereka harus diberi lebih agar tidak pindah ke perusahaan lain. Untuk merebut hati mereka, dibutuhkan satu keahlian baru yang bisa kita sebut customer delight, yaitu bagaimana membuat konsumen terkesan dan senang.
Perbedaan antara memuaskan dan membuat konsumen terkesan terletak pada cara anda menanggapi konsumen. Memuaskan konsumen berarti memberikan apa yang konsumen minta( reaktif), sedangkan membuat konsumen terkesan berarti memberi atau menawarkan segala sesuatu yang konsumen butuhkan sebelum konsumen memintanya( proaktif). Dengan kata lain, membuat konsumen terkesan berarti bagaimana kita membuat diri kita seolah-olah dapat membaca pikiran konsumen dan tahu benar keinginan serta harapan mereka.
Kita ambil contoh scenario di sebuah restoran. Gelas es the seorang pelanggan sudah kosong. Si pelayan menyadarinya dan segera bertanya kepada sang pelanggan apakah gelasnya ingin diisi ulang. Pelanggan itu menjawab “ya”. Si pelayan dengan segera mengisi ulang gelas sang pelanggan dan memberikan tisu tambahan karena menyadari bahwa tisu di meja pelanggan sudah habis. Itulah yang dinamakan proaktif. Sang pelanggan merasa terkejut, senang, dan terkesan karena si pelayan bersikap proaktif.
Hal seperti cerita diatas lah yang diterapkan oleh PT. CIRILL INDONESIA untuk memanjakan para pelanggannya. Sebagai produsen AMDK dengan merek CIRILL, pelanggan dari PT. CIRILL INDONESIA tersebar hampir di semua wilayah Indonesia dan terdiri dari berbagai macam kalangan, mulai dari pelanggan corporate hingga pelanggan perorangan. PT. CIRILL INDONESIA menyadari bahwa tidak mudah untuk menjaga kesetiaan pelanggan hanya dengan produk air minum berkualitas saja. Tapi dengan pelayanan yang proaktif dan produk air minum berkualitas, sehat, hemat, dan segar AMDK CIRILL akan terus menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Dengan berbagai fasilitas kemudahan yang diberikan kepada para pelanggan dan sikap ramah serta menyenangkan dari para customer service dan dukungan distribusi yang kuat serta produk yang selalu menjamin kualitas, maka pelanggan tidak lagi punya alasan untuk memilih produk selain AMDK CIRILL
Oleh karena itu PT. CIRILL INDONESIA menanamkan sikap budaya kerja yang proaktif kepada seluruh karyawannya, sehingga seluruh jajaran departemen mampu mengantisipasi segala sesuatu dengan cepat, dan menjadikan AMDK CIRILL selalu “one step ahead” daripada produsen lain. Tidak mengherankan PT. CIRILL INDONESIA selalu bersikap proaktif dan berinisiatif atas segala sesuatu, baik dalam hubungan internal maupun hubungan eksternal. Dengan dukungan teknologi modern, air minum berkualitas, komposisi mineral yang sehat, harga yang hemat, rasa air yang sangat segar, serta dukungan dari sebuah konsep Customer Service Excellence yang tidak mungkin didapatkan dari perusahaan sejenis, AMDK CIRILL selalu layak jadi PILIHAN UTAMA MASYARAKAT INDONESIA.