
Barter (Memberi dan Menerima)
Barter terkenal sebagai jenis perdagangan yang sangat primitif dan digunakan sebelum masa dimana uang dan emas belum dijadikan sebagai standar nilai tukar. Tapi dalam pengembangan bisnis, barter memiliki arti tersendiri dan dapat menambah nilai sebuah perusahaan yang menerapkan model tersebut. Barter merupakan sebuah model bisnis yang berwujud pertukaran barang atau jasa antar orang atau organisasi untuk mendapatkan barnag atau jasa lain yang serupa. Pertukaran ini hanya mengandalkan barang dan jasa, tanpa menggunakan uang. Meskipun mirip dengan kerja sama sponsor, barter tidak hanya terdiri atas promosi dan dukungan finansial pihak ketiga sebagai bentuk pemasaran. Mitra eksternal terlibat secara aktif dalam proses penciptaan nilainya. Salah satu contohnya adalah Google, yang memberi bantuan direktori gratis untuk meningkatkan teknologi pengenalan suaranya. Contoh lain dapat ditemui dalam industri obat-obatan. Produsesn obat memberikan obat gratis kepada para dokter dan rumah sakit yang nantinya akan menguji obat itu kepada pasien dalam percobaan medis, sedangkan dokter dan rumah sakit tersebut berperan penting untuk menjual obat-obatan dari perusahaan itu.
Selain fungsi diatas, barter juga bermanfaat untuk mempopulerkan merek dengan memperkenalkan beberapa produk kepada calon pelanggan baru. Strategi ini sering diterapkan untuk produk makanan bayi. Sebagian besar orang tua baru akan berurusan dengan produk-produk ini untuk pertama kalinya ketika anak mereka lahir. Dalam keadaan seperti ini, barter dapat menjadi langkah terbaik untuk mendapatkan dan mempertahankan pelanggan baru, yaitu dengan menawarkan makanan bayi kepada para orang tua baru itu secara gratis agar mereka dapat mengenali merek baru tersebut.
Sejarah dari sistem barter ini dapat kita telusuri kembali hingga era romawi kuno. Memberi bantuan kepada masyarakat dengan insentif yang bukan berupa uang bukanlah hal aneh di Roma pada saat itu. Seorang penasihat politik kaisar Augustus dianggap sebagai penemu sistem ini. Ia mengembangkan konsep perlindungan sehingga setiap orang atau lembaga akan dibantu tanpa memberikan kontribusi sebagai balasannya. Namun, pemberian ini tidak sepenuhnya untuk kepentingan masyarakat, tetapi mereka juga menggunakannya untuk kepentingan politik serta ekonomi kerajaan.
Pola barter kemudian dikembangkan dari prinsip ini dan menjadi semakin populer di dunia bisnis di dunia bisnis sejak tahun 1960-an. Walaupun fungsi utamanya untuk membantu urusan keuangan serta publikasi organisasi dan klub olah raga, sistem barter dikembangkan menjadi model bisnis yang sebenarnya pada abad ke-21. Kini semakin banyak perusahaan yang menggunakan barter sebagai bagian terpenting dalam logika penciptaan nilai perusahaan.
Procter & Gamble (P&G) adalah raksasa bisnis produk konsumsi yang berbasis di Ohio. perusahaan multi nasional ini adalah perusahaan yang berkembang pesat dan mungkin salah satu inovator model bisnis Barter paling terkenal. P&G, yang memproduksi barang-barang konsumsi yang terdiri atas produk perawatan diri, bahan pembersih, dan makanan hewan ini bekerjasama dengan stasiun TV da radio untuk mempromosikan merek dan produknya dalam bentuk barter. P&G mensponsori dan memproduksi acara TV dan radio (dari sinilah muncul istilah “opera sabun” karena kerja sama antara stasiun TV atau radio itu dengan produsen sabun)., sehingga P&G memperoleh manfaat pemasaran dan mendapatkan penonton/ pendengar sedangkan stasiun TV atau radio tersebut selain memperoleh audience (pendengar/ penonton) mereka mendapat materi hiburan secara gratis. Dengan menghasilkan program TV atau radio yang sukses serta mendapatkan imbalan slot iklan, P&G dapat menjangkau segmen pelanggan yang lebih luas dengan biaya yang lebih efektif, serta meningkatkan popularitas produk-produk utama mereka dan yang pasti pendapatan mereka juga meningkat.
Model barter ini juga diterapkan oleh PT. CIRILL INDONESIA untuk meningkatkan daya saing dan nilai dari produk-produk PT. CIRILL INDONESIA. Dengan menggunakan metode barter produk-produk AMDK CIRILL dengan cepat dapat dikenal oleh masyarakat, dan menjadi pilihan utama keluarga Indonesia. Memberikan produk air minum berkualitas dengan harga hemat membuat AMDK CIRILL selalu melekat di hati masyarakat. AMDK CIRILL pilihan kita semua.