
Customer Loyalty Program
Memberi layanan yang memenuhi kepuasan konsumen tidak lagi cukup pada kondisi persaingan bisnis dewasa ini. Pengelola bisnis harus mampu menciptakan layanan yang berbeda dan melebihi, bukan hanya memenuhi ekspektasi konsumen. Hanya dengan cara inilah kita mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan:
- Apakah konsumen yang baru pertama kali datang ke toko kita akan datang dan datang lagi?
- Apakah mereka akan menjadi konsumen yang loyal?
Pelanggan yang loyal dapat memberikan berbagai keuntungan bagi pebisnis, antara lain: menurunkan biaya akuisisi, menurunkan biaya pelayanan, tidak sensitive terhadap harga, meningkatkan wallet share, dan dapat membantu memberi rekomendasi positif bagi prospek pelanggan melalui berita dari mulut ke mulut atau biasa disebut word of mouth. Oleh karena itu sebagai pebisnis kita perlu memikirkan pula berbagai program untuk meningkatkan loyalitas pelanggan
Dari segi dimensi perilaku, pelanggan loyal adalah pelanggan yang melakukan pembelian berulang secara berkala. Oleh karena itu program loyalitas yang sukses adalah yang mampu mengubah pola perilaku pelanggan sehingga menjadi pelanggan yang melakukan pembelian berulang. Beberapa contoh program loyalitas misalnya:
- Beberapa department store menerbitkan kartu keanggotaan dengan manfaat khusus bagi anggotanya, seperti: point, undian, dan diskon tambahan
- Beberapa penerbit kartu kredit membuat program loyalitas berupa pengumpulan point dari sejumlah nilai belanja tertentu, dan point yang terkumpul dapat ditukarkan dengan hadiah atu untuk menghapuskan pembayaran iuran tahunan. Selain itu penerbit kartu kredit juga membuat program diskon di beberapa restoran dan outlet -outlet yang sesuai pangsa pasar mereka
Dengan semakin banyaknya program loyalitas yang ditawarkan, maka perlu dirancang program yang lebih menarik minat pelanggan, yang lebih fleksibel, dan tidak merepotkan pelanggan, yaitu menggunakan mekanisme yang sederhana. Lebih dari itu, program loyalitas pelanggan perlu pula dikomunikasikan dengan baik dan tepat sasaran.
Program loyalitas konsumen ini dimaksudkan untuk meningkatkan kedekatan perusahaan dengan konsumennya sebagai bagian dari program customer relationship management sehingga tercapai peningkatan kinerja dari customer acquisition, customer retention, menuju customer engagement.
Customer acquisition ditandai dengan terjadinya peningkatan jumlah konsumen. Customer retention diukur melalui bertambahnya masa hubungan bisnis perusahaan dengan konsumennya. Customer engagement terlihat dari komunikasi yang semakin dekat dan terjadi interaksi dua arah.
Program loyalitas konsumen haruslah kreatif serta menyesuaikan bidang bisnis yang kita jalankan. Sebagai perusahaan produsen AMDK, PT. CIRILL INDONESIA mengemas program loyalitas konsumen dengan cara yang berbeda. Saat ini PT. CIRILL INDONESIA sedang mengolah pengembangan program loyalitas konsumen yang baru pada tahun 2017 ini, dan akan diluncurkan setelah semuanya selesai. Semoga dengan program loyalitas konsumen yang baru akan semakin menjadikan konsumen AMDK CIRILL loyal dan jumlahnya semakin bertambah, sehingga manfaat dari AMDK CIRILL semakin dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. AMDK CIRILL air minum berkualitas, sehat, hemat, dan segar pilihan keluarga kita.