Menjaga Loyalitas Konsumen ala Tukang Jamu
Ada sebuah toko Jamu di kota Jombang yang sudah beroperasi sejak saya masih balita, sampai hari ini masih buka dan punya banyak pelanggan setia. Banyak konsumen disana yang sudah belanja di toko jamu tersebut selama belasan tahun. Ada konsumen ‘biasa-biasa’ saja, tetapi ada juga yang ‘luar biasa’ seperti cerita dibawah ini.
Konsumen langganan yang biasa memanggil ibu tukang jamu dengan sebutan mama, kalau pesan jamu kira-kira berkata seperti ini: “Ma, perut saya mules sudah tiga hari, kalau pagi mules-mules tetapi siangnya pas saya naik sepeda tiba-tiba sembuh sendiri dan setelah sampai rumah mules lagi, kadang-kadang ditambah kepala agak pusing, saya kasih minum kopi malah makin pusing…”. Setelah mengungkapkan semua keluhan nya, konsumen tadi masih melanjutkan permintaannya dengan bilang “Ma, jamunya yang manjur ya, kalau bisa semua langsung sembuh, ya mulesnya, juga puyengnya”. Selagi sang pembuat jamu sedang menyeduh air panas, muncul permintaan tambahan, dengan bilang “Ma, jamunya dibungkus saja, karena mau diminum di rumah, tolong dibungkus pakai kantong double supaya tidak bocor, sama kantongnya minta satu lagi buat bawa kalender yang dikasih toko sebelah. Oh iya Ma, kok saya belum dikasih kalender? Biasanya selalu dikasih. Kalau bisa minta dua, satunya buat ditaruh di dapur supaya ingat terus sama toko Mama dan terus beli jamu di sini”.
Setelah konsumen jamunya dilayani dan pergi, biasanya si penjual jamu gantian curhat ke kita-kita, sambil berucap “… bayar tiga ribu rupiah kok minta semua penyakitnya sembuh, tambah kalender dan kantong plastik lagi…”. Tapi itulah tipikal konsumen setia, yang tidak hanya ada sejak jaman purba kala, tapi sampai sekarang pun juga masih kita temui dan tetap perlu kita layani.
Konsumen jamu tadi sudah belasan tahun setia belanja di toko jamu tersebut. Dengan ketelatenan sang penjual jamu melayani konsumen, banyak konsumen yang tetap setia dan bisa jadi tidak akan pernah pindah ke penjual jamu yang lain. Kalaupun dia pindah ke tukang jamu yang lain dan dia baru menjadi konsumen di situ, lalu minta ‘seabreg’ pelayanan tadi, bisa-bisa malah ‘dilabrak’ atau setidaknya dikasih penjelasan oleh penjualnya bahwa setiap jenis jamu hanya cocok untuk satu keluhan.
Bagi toko kecil, konsumen tadi merupakan konsumen utama yang merupakan pelanggan besar. Memang secara nilai omset yang dikontribusikan, konsumen jamu tadi tidak terlalu besar, sehingga tidak sepadan dengan pengertian pelanggan besar yang biasanya digunakan untuk pelanggan korporat atau konsumen besar lainnya.
Kejadian konsumen jamu diatas bisa menjadi inspirasi ketika bisnis kita masih baru dan mulai berkembang, dan kita mulai menjadi pemasok untuk hypermarket atau group supermarket besar yang biasa kita sebut sebagai key account. Para hypermarket ini sering meminta pemasok untuk membayar listing fee, biaya promosi untuk pembukaan toko baru, menyediakan SPG beserta materi promosi. Ketika ada acara promo tertentu mereka masih meminta diskon tambahan dan lain sebagainya. Hampir sama seperti permintaan konsumen jamu tadi, kadang kala hypermarket tersebut masih minta bantuan kantong plastik, bukan cuma double seperti tukang jamu tadi, tapi mereka minta satu ton, selain itu mereka juga minta jaminan harga terbaik dan tenggat waktu bayar yang lebih lama. Jadi request nya beda tipis dengan konsumen tukang jamu tadi “hanya bayar tiga ribu rupiah minta dilayani semuanya”.
Tapi memang harus seperti itulah cara kita memanjakan dan menjaga loyalitas para konsumen. Tidak jauh berbeda dengan PT. CIRILL INDONESIA dalam memasarkan produk AMDK miliknya. Meskipun hanya memesan satu galon air minum di wilayah yang jauh, AMDK CIRILL akan sampai di tangan konsumen tepat waktu sesuai permintaan, selama konsumen tersebut masih dalam area jangkauan distribusi dari PT. CIRILL INDONESIA. Dengan integrasi sistem logistik, produk berkualitas, serta pelayanan yang ramah dan selalu mendengarkan suara pasar, menjadikan AMDK CIRILL tersebar luas dengan cepat di seluruh wilayah Indonesia. AMDK CIRILL air minum berkualitas, sehat, hemat, dan segar. Sediakan selalu AMDK CIRILL di rumah anda untuk hidup lebih sehat. AMDK CIRILL air minum pilihan keluarga Indonesia



