
Bisnis Yang Berkelanjutan Part2
Minggu lalu kita telah membahas hal-hal yang membuat bisnis kita dapat berkelanjutan. Salah satu faktor penentunya adalah kepuasan stakeholder. Seperti kita tahu pengertian kepuasan untuk setiap stakeholder adalah berbeda-beda. Dan salah satu stakeholder yang telah kita bahas pada minggu lalu adalah karyawan atau sumber daya manusia. Selain karyawan, stakeholder yang perlu kita perhatikan adalah pemasok, investor dan konsumen.
Bagi para pemasok, sebuah bisnis baru adalah sebuah konsumen potensial yang baru. Namun demikian, pemasok perlu berhati-hati dan mempelajari lebih lanjut, karena sebuah bisnis baru bisa jadi merupakan competitor dari konsumen lama yang telah masuk ke dalam jaringannya. Jika hal ini terjadi, maka bagi pemasok tersebut mendapatkan konsumen baru bisa berarti kehilangan konsumen lama.
Oleh karena itu, dalam usahanya untuk membentuk jaringan bisnis dengan para pemasok, pebisnis baru harus menyadari bahwa sesungguhnya ia tidak hanya menawarkan sebuah bisnis baru bagi para pemasok, tetapi juga bahwa hubungan yang ditawarkannya itu dapat mengganggu hubungan antara pemasok dengan konsumen lamanya.
Stakeholder berikutnya adalah investor. Investor adalah sekelompok orang yang mencari kesempatan untuk berinvestasi, yang mencari keuntungan dari modal kerja yang ditanamnya. Karena modal kerja sifatnya sangat terbatas, maka pebisnis baru perlu bersaing dengan calon pebisnis baru lainnya dalam hal menarik perhatian calon investor.
Hal penting yang perlu kita perhatikan selain hal diatas adalah konsumen. Konsumen adalah komponen stakeholder utama bagi pebisnis. Ketertarikan konsumen akan produk yang ditawarkan pebisnis, dan keinginan konsumen untuk membeli produk tersebut adalah sumber pemasukan utama bagi pebisnis, yang nantinya diperlukan untuk memberikan nilai tambah bagi para stakeholder lainnya. Dan cara terbaik untuk menarik perhatian konsumen adalah menyediakan barang yang dapat memenuhi kebutuhan mereka, serta menyelesaikan masalah yang dihadapi konsumen.
Hubungan dengan konsumen yang terjalin baik, tidak hanya dapat membuat konsumen membeli produk yang ditawarkan oleh pebisnis, tetapi juga dapat membuat konsumen berhenti membeli produk sejenis dari pemasok lamanya dan mulai beralih secara rutin membeli produk dari kita.
Dengan menjaga kepuasan dari semua stakeholder, maka bisnis kita akan terus berkembang dan berkelanjutan. Dengan inovasi produk dan layanan yang memuaskan akan menjadikan produk kita sebagai alternative pilihan utama pagi para stakeholder. Misalnya jika produk kita adalah produk yang terbukti berkualitas dengan harga terjangkau, maka konsumen akan menjatuhkan pilihan pada produk dari kita. Tidak ada alasan bagi mereka untuk tidak membeli produk kita. Jika produk kita telah menjadi pilihan dari konsumen, maka banyak dari investor akan melirik perusahaan kita. Apalagi jika kita memiliki rencana kreatif untuk mengembangkan produk kita, tanpa kita undang pun para investor akan berdatangan menawarkan kerjasama dengan kita. Begitupun para pemasok, mereka akan berbondong-bondong menawarkan produk mereka untuk kita gunakan, karena dengan kita memiliki produk yang telah menjadi pilihan konsumen, kita akan memerlukan banyak barang dari para pemasok. Dengan begitupun kesejahteraan karyawan akan meningkat.
Minggu depan kita akan memaparkan tips-tips buat para pebisnis baru yang berdasarkan dari pengalaman PT. CIRILL INDONESIA dalam mengembangkan bisnis nya sehingga dapat berkelanjutan dan terus berkembang. Memperhatikan para stakeholder selalu menjadi hal yang utama bagi PT. CIRILL INDONESIA, terus beradaptasi dengan teknologi dan selalu memperhatikan kebutuhan serta pemecahan masalah bagi para konsumen, akan membuat produk-produk PT. CIRILL INDONESIA menjadi pilihan utama. Mari membangun bangsa, serta memajukan produk Indonesia, dengan cara meningkatkan kualitas produk dalam negeri, sehingga kita bisa berpijak di kaki kita sendiri. AMDK CIRILL air minum kita, pilihan masyarakat Indonesia.